Upaya melestarikan kegiatan GP Ansor yang berada di bawah naungan bendera besar Nahdlatul Ulama (NU) hingga ke pelosok negeri sampai sudah di Desa Lubuk Banjar Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Selasa malam (22/09/2020) berlokasi di Masjid Anirul Islah Desa Lubuk Banjar Kecamatan Lubuk Raja, segenap pemuda yang berasal dari wilayah sekitar berinisiatif untuk menghadirkan Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten OKU beserta jajarannya dalam rangka pembentukan Pengurus Pimpinan Ranting GP Ansor di Desa Lubuk Banjar.


Pada acara tersebut panitia pelaksana menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya acara tersebut sebagai wujud pelestarian dan pengembangan kegiatan keagamaan Organisasi NU.

Hadir dalam acara tersebut M. Yunus (Ketua PC GP Ansor Kabupaten OKU), Gus Yoyon Miftahul Asfai (Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten OKU) beserta seluruh Jajaran SATKORCAB (Satuan Koordinasi Cabang) dan SATKORYON (Satuan Koordinasi Rayon) BANSER Se Lubuk Raja.

Dalam kesempatannya Ketua PC GP Ansor, M. Yunus menyampaikan rasa apresiasi yang sedalam-dalamnya kepada segenap pemuda yang bersemangat dan antusias dalam pengembangan oranisasi kepemudaan Ansor, beliau juga menyampaikan dan memaparkan secara detil mengenai tata cara pembentukan stuktur kepengurusan ranting GP Ansor lengkap dengan apa saja tugas yang nantinya akan di emban oleh segenap pengurus terpilih.

“Kami berharap, akan lebih banyak lagi potensi dari bibit-bibit generasi muda yang memiliki semangat juang NU yang muncul dan bergabung dalam GP Ansor, sehingga dalam acara Diklat dan Kaderisasi yang akan dilaksanakan mendatang dipusatkan di Desa Lubuk Banjar ini”, ungkap M. Yunus (22/09/2020).

Secara tidak disangka bahwa di Desa Lubuk Banjar Kecamatan Lubuk Raja, banyak generasi muda yang berminat dan bersemangat menggelora untuk bergabung dalam GP Ansor dan bersedia mengikuti seluruh kegiatannya, terbukti bahwa setidaknya ada 40 calon kader muda yang hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Lubuk Raja menyampaikan teknis Diklat Dasar GP Ansor dan Banser, dan juga memberikan kemantapan tujuan akan setiap peserta yang hadir pada malam itu.


“Apa yang memotivasi pembentukan Ranting GP Ansor di Lubuk Banjar ?”, tanya Gus Yoyon Miftahul Asfai kepada peserta. (22/09/2020).

Pertanyaan tersebut merupakan satu hal yang tidak mudah di jawab oleh para peserta mengingat majemuknya organisasi keagamaan yang ada di Desa Lubuk Banjar yang pada umumnya telah maju dan berkembang terlebih dahulu.

“Di Desa Lubuk Banjar Dakwah NU belum maksimal, sehingga kami rasakan sangat penting untuk mengembangan konsep Ahlussunnah Wal Jamaah dengan membentuk GP Ansor sehingga mampu menjadi benteng bagi terlaksananya kegiatan NU di Lubuk Banjar”, ungkap Kholid Mawardi, SP.d (22/09/2020).

Hal itulah yang ternyata menjadi dasar dan penyemangat bangkitnya Ruh NU di wilayah tersebut bersama segenap para Pemuda yang memiliki tekat berjuang dalam Bingkai Nahdlatul Ulama (NU).

Inilah yang disebut Amal Makruf Nahi Mungkar, sebagai wujud keseimbangan dalam pengembangan Organisasi Keagamaan dalam masyarakat, hal ini sesuai dawuh K.H. Hasyim, bahwa “Siapa yang mau mengurusi Nahdlatul Ulama (NU), saya anggap ia Santri ku, Siapa yang jadi santriku, saya doakan Husnul Khatimah beserta anak cucunya”.

Pembentukan dan Pemilihan Pengurus Pimpinan Ranting GP Ansor Desa Lubuk Banjar dilaksanakan secara Aklamasi Mufakat oleh seluruh peserta yang hadir dengan syarat siapun yang terpilih wajib mengikuti Diklat Pengkaderan.

Dalam proses pemilihan tersebut terpilihlah Ketua Pimpinan Ranting GP Ansor Desa Lubuk Banjar yaitu saudara Kholid Mawardi, S.Pd dengan mengusung Motto “Bersama dalam kebaikan“.

Selanjutnya Ketua terpilih diwajibkan segera membentuk struktur kepengurusan secara lengkap yang kemudian diserahkan kepada Ketua GP PC Ansor Kabupaten OKU.

Kontributor: F-Wtk
Source : Batumarta Update

Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Posting Komentar

  1. Mantul kabeh beritaniπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.